top of page

Refleksi Christian Global Health in Perspective



Selama ini, bagaimana kita menghidupi iman dalam dunia profesional; apakah artinya menjadi dokter Kristen? Rasanya hal ini tidak cukup dipuaskan dengan sekedar menambahkan beberapa ciri dan aktivitas Kristen ke dalam keseharian kita. Diperlukan suatu cara pandang Kristen yang merubah cara kita melihat segala aspek dunia medis secara menyeluruh. Pelajaran-pelajaran di Christian Global Health in Perspective (CGHiP) telah memberikan kepada saya permulaan yang baik dalam perjalanan mengerti perspektif Allah mengenai kesehatan.  CGHiP membahas mengenai banyak hal: teologi penyakit dan kesehatan, sejarah pelayanan medis, pengaruh budaya terhadap kesehatan, serta strategi yang diadopsi gereja dalam mempromosikan kesehatan. Dalam tulisan singkat ini, saya akan membagikan empat poin untuk memancing rasa penasaran saudara terkait CGHiP.


  1. Kesehatan perlu untuk kita definisikan agar kita mengetahui apa yang kita tuju. Secara tidak sadar, kita memandang kesehatan sebagai tidak adanya penyakit, sehingga kita berhenti pada menyembuhkan penyakit dan tidak selalu melakukan upaya lain. Apakah akan terdapat perbedaan jika kita mengerti kesehatan sebagai shalom yang Tuhan sediakan saat penciptaan? Apakah semua kelemahan fisik dapat kita kategorikan sebagai penyakit, dan sebaliknya, apakah seseorang tanpa kelemahan fisik selalu dianggap sehat? Apakah upaya yang dapat kita lakukan jika kita mengerti kesehatan sebagai hubungan yang harmonis dengan Tuhan, sesama, alam, dan diri sendiri? 

  2. Seperti yang sudah kita pelajari dalam pendidikan kedokteran, memastikan etiologi merupakan suatu hal yang amat penting dalam menentukan tatalaksana definitif suatu penyakit. Sebagai contoh, pemberian antipiretik pada kasus infeksi bakterial hanya bersifat simtomatik, sedangkan pemberian antibiotik bersifat definitif, karena langsung menargetkan penyebab (root cause) penyakit yang diderita. Jika demikian, apakah perbedaan yang dapat kita lihat jika kita mulai mengerti bahwa etiologi dari semua penyakit (dis-ease atau hilangnya shalom) adalah dosa? Bagaimana patomekanisme dosa dalam menimbulkan berbagai penyakit dan bagaimana kita dapat menentukan tatalaksana yang definitif? 

  3. Selama ini, bagaimana kita memandang pelayanan medis dengan pelayanan spiritual (penginjilan, pemuridan, dan sebagainya)? Apakah signifikansi pelayanan medis dalam iman Kristen? Masyarakat umum pada zaman Yesus dan para Rasul memandang Kekristenan sebagai agama orang sakit, karena walaupun agama lain menolak orang sakit, hanya Kekristenan yang menerima orang sakit dan menyembuhkan mereka. Pelayanan kesembuhan sangatlah umum dilakukan, dan menunjukkan kontras dengan agama lain yang hanya terpaut pada masalah spiritual atau non-fisik. Bagaimana pemahaman kita akan berubah setelah mengetahui bahwa Yesus tidak hanya menebus roh, tetapi juga tubuh kita? Bagaimana sikap kita dalam menyembuhkan jika kita mulai mengerti bahwa setiap pelayanan medis adalah kesaksian terhadap “the corporeality of salvation”

  4. Bagaimana pengaruh faktor sosial dan budaya terhadap kesehatan individu? Tuhan menciptakan seluruh ciptaan sebagai suatu kesatuan dan akan menebus keseluruhannya pada hari Tuhan (Kolose 1:19-20). Penyakit suatu individu dapat dimengerti sebagai gejala dari komunitas yang sakit, sama seperti gejala individual dapat memberi petunjuk pada penyakit suatu individu. Orang Kristen dalam beberapa abad terakhir memiliki andil yang begitu besar dalam mengembangkan bidang kesehatan masyarakat, karena menyadari adanya ikatan yang erat antara ketidakadilan sistemik yang diakibatkan dosa dengan fenomenologi penyakit yang dapat diobservasi secara langsung. Bagaimanakah pengertian akan keterikatan faktor sosial terhadap kesehatan merubah persepktif dan strategi kita dalam mengupayakan kesehatan?


Demikian empat poin yang dapat saya bagikan dalam artikel ini. Masih banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan melalui CGHiP dan saya sangat mendorong teman-teman dan kakak-kakak untuk diperlengkapi juga melalui CGHiP. Kiranya Tuhan menganugerahkan kesempatan dan terus memperlengkapi anak-anak-Nya demi menyatakan supremasi Kristus atas dunia kesehatan.


/aas


42 views0 comments

Recent Posts

See All

留言


bottom of page