• dr. Elia A. B. K.

Ketika Ingin Berbuat Baik



Judul Buku: When Helping Hurts: how to Alleviate Poverty without Hurting the Poor… and Yourself.

(Ketika Menolong Justru Menyakiti)

Penulis: Steve Corbett & Brian Fikkert

Halaman: 288 halaman

Penerbit: Momentum, 2018


Buku kali ini membahas topik yang secara spesifik jarang dibicarakan; dilema yang dihadapi ketika kita ingin berbuat baik. Atau lebih khusus lagi: kesalahan yang dilakukan orang Kristen dalam misi melayani orang-orang miskin.


Penulis, seorang yang bermisi selama belasan tahun di Uganda. Ditengah-tengah pelayanannya yang disertai Tuhan, ia baru melihat bahwa kalau saja ia mengubah persepsi dan strategi yang selama ini dipahaminya, ternyata ia dapat mensejahterakan orang-orang miskin yang dilayaninya dengan lebih baik lagi, lebih berdampak, dan lebih sustainable. Karena alasan itulah maka buku ini lahir.


Pelayanan misi pada kaum marginal oleh lembaga-lembaga Kristen, gereja, maupun perorangan, kerap menjadi solusi terbaik untuk jangka pendek. Namun, secara jangka panjang mereka yang telah bertobat ini tidak hanya perlu dilayani karena miskin, tapi perlu mengentaskan diri mereka sendiri dari kemiskinan. Sayangnya, apa yang kaum marginal pikirkan mengenai kemiskinan jauh berbeda dari solusi yang kita pikir efektif bagi mereka. Disinilah upaya yang kita tempuh tidak saja bisa menjadi kurang berdampak, sebailknya dapat membawa kemunduran bagi orang yang dilayani, maupun yang melayani. Paradoks ini yang kemudian diintegrasikan oleh para penulis dari sudut pandang Firman Tuhan, ilmu sosial, ekonomi, dan komunitas.


Ada empat bagian dalam buku ini. Diawali dengan membahas sifat kemiskinan dan akibat-akibatnya, dilanjutkan dengan persoalan kunci ketika upaya misi hendak menerapkan upaya untuk mengentaskan kemiskinan. Bagian ketiga dan keempat mendisukusikan tentang konsep membangun ekonomi dan ditutup dengan panggilan untuk mendukung pelayanan-pelayanan pengembangan usaha kecil.


Menyimak buku ini, terdapat banyak pertanyaan-pertanyaan kritis, studi kasus, disertai dengan pertanyaan di awal dan akhir setiap bab. Oleh karenanya selain sebagai bahan untuk studi Alkitab, buku ini juga cocok bagi orang pribadi, pemimpin komunitas gereja, kelompok, bahan pertemuan staf, dan untuk dibahas di dalam badan pelayanan.

Buku ini memang kompleks dan terperinci, namun disertai dengan diskusi tentang berbagai alternatif solusi. Tidak perlu khawatir, buku ini juga diterjemahkan dengan seksama dan tidak sulit untuk dipahami. Selamat membaca dan selamat melayani lebih sungguh lagi.


/eab

170 views0 comments

Recent Posts

See All
Contact us