• Sekretariat PMdN

Siap Ambil Bagian!

PMdN Expo 12 Juni 2022



Puji dan syukur kepada Tuhan Pemilik pelayanan ini; oleh anugerah-Nya acara PMdN Expo dapat berlangsung pada Minggu, 12 Juni 2022 yang lalu secara virtual melalui zoom. Acara ini terselenggara dengan tujuan untuk memperkenalkan pelayanan PMdN kepada mahasiswa dan alumni, sehingga mereka terdorong untuk ambil bagian dalam pelayanan bersama ini.


Acara PMdN Expo dibuka dengan sambutan dari ketua PMdN Perkantas, dr. Lineus Hewis, Sp.A yang memperkenalkan secara singkat serta visi misi PMdN Perkantas. Setelah itu, acara dibagi menjadi 2 sesi talkshow dan diskusi dari 6 Interest Grup PMdN yang dipimpin oleh drg. T. Hedwin Kadrianto, Sp.PM dan dr. Eka Yudha Lantang, Sp.An, M.Min, MM sebagai moderator. Dalam 2 sesi ini, masing-masing Interest Grup menjelaskan secara singkat mengapa Interest Grup ini dibentuk, kegiatan atau aktivitas yang ada, siapa saja yang dapat bergabung dan bagaimana cara bergabung di Interest Grup yang ada.


Sesi pertama diisi oleh presentasi 3 Interest Grup PMdN Perkantas, antara lain: Mission Hospital, Puskesmas dan Cross Cultural. Presentasi dari Interest Grup Mission Hospital/Rumah Sakit Misi dibawakan oleh Dr. dr. Fushen, MH, MM, FISQua. Mission Hospital merupakan Interest Grup yang bergerak bersama untuk membantu dan menolong terwujudnya pelayanan di rumah sakit misi yang ada di Indonesia. Presentasi yang kedua dari Interest Grup Puskesmas dibawakan oleh dr. Harpina Somba. Kerinduan dibentuknya Interest Grup ini adalah mewujudkan tenaga kesehatan Kristen yang punya hati mengasihi dan bekerja sungguh di Puskesmas serta berdampak besar bagi masyarakat.


Selanjutnya, presentasi Interest Grup Cross Cultural dibawakan oleh dr. Eva Oktavia K. Simatupang, Sp.KKLP, yang membukakan salah satu tujuan dari Interest Grup ini dibentuk yaitu untuk memperlengkapi mahasiswa dan alumni medis dalam pelayanan lintas budaya.


Setelah sesi tanya jawab sesi pertama, sesi kedua dilanjutkan dengan presentasi dari 3 Interest Grup lainnya, yaitu: Health Policy, Dosen Medis Kristen dan Bioethics. Interest Grup Health Policy dibawakan oleh dr. Felisia. Interest Grup ini dibentuk dengan kerinduan dapat berkontribusi menyumbangkan pemikiran untuk kebijakan kesehatan, khususnya di Indonesia, berdasarkan nilai-nilai Firman Tuhan. Presentasi bagian kedua dari Dosen Medis dibawakan oleh Dr. dr. Christine V. Sibuea, M.Biomed, yang membukakan latar belakang terbentuknya Interest Grup ini dengan melihat tantangan dan tuntutan dalam profesi dosen bagi anak-anak Allah sekaligus dapat menjadi wadah untuk mendorong dosen untuk kembali menjadi alumni yang melayani kampus.


Dr. dr. Nydia Rena Sihombing, M.Si.Med yang mempersentasikan Bioethics, menjelaskan bahwa Interest Grup ini menjadi wadah diskusi mengenai isu etika kedokteran dan kesehatan berdasarkan Firman Tuhan serta menolong tenaga kesehatan Kristen agar memiliki etika Kristen dalam pelayanan sehari-hari.


Bersyukur, untuk sesi talkshow dan diskusi dari 6 Interest Grup PMdN. Acara ini ditutup oleh MC dr. Frisca Finlania Agan dengan menyanyikan pujian Kami Siap Mengambil Bagian. Kiranya setiap mahasiswa dan alumni medis yang hadir di acara ini, bisa ambil bagian dalam pelayanan bersama. Kita berdoa, agar Interest Grup PMdN Perkantas, Tuhan pakai untuk menjadi wadah pembinaan dan membangun jejaring bagi setiap mahasiswa dan alumni medis di berbagai bidang untuk terus menjadi berkat bagi gereja, bangsa dan dunia.


/stl



58 views0 comments
Contact us